Minggu, 18 April 2010

Travelling & Expenditure Tips

Saat ini bukan lagi sesuatu yang sulit untuk melakukan travelling ke luar negri tanpa mengikuti rombongan tour.
Pertama-tama yang harus diperhatikan, promo penerbangan yang akan dipilih. Biasanya Air Asia mengadakan promo tiket Rp. 0 setiap tahunnya, selain itu ada alternatif lain, yaitu dengan Value Air (flight ke Singapore, kalau ingin flight ke negara lain bisa connecting flight disini).

Pada blog saya yang sebelumnya telah saya sampaikan bagaimana cara book Air Asia Rp. 0. Demikian juga dengan value Air. Setelah berhasil melakukan proses book, yang harus disusun selanjutnya adalah itinitery (Skedul perjalanan).

Penyusunan itinitery yang paling mudah adalah melakukan browsing dengan key word, jalan jalan hemat ke..... (negara yang dituju), disana akan terdisplay banyak blog pribadi, maupun web tour travel. Dari sana dapat diketahui tempat-tempat wisata yang biasanya dituju oleh wisatawan. Setelah itu disesuai dengan dengan jumlah hari kunjungan ke negara ybs.

Ikutilah blog travelling via internet untuk menanyakan kemungkinan itinitery yang telah disusun, seperti : Trip Advisor, Rough Guides, etc. Semakin banyak bertanya semakin baik. Sebelumnya masuk ke site wikipedia untuk mengetahui negara tersebut. Sipakan lebih dari 1 rencana itinitery. Itinitery disesuaikan dengan budget yang diinginkan.

Penyusunan budget, harus dilakukan dengan detail, transportasi, eat, hotel/hostel (of course hostel more cheper), uang masuk ke tempat wisata, how to go place you want to visit, by what, time it takes. Carilah penginapan yang transportasinya mudah, dan dekat dengan pusat perbelanjaan. Tujuannnya bila tidak ada tempat yang dituju, masih bisa jalan jalan ke sana, dan lebih mudah membeli stuff and snack. Apabila melakukan perjalanan min. 4 orang atau lebih carilah penginapan apartemen. Diluar negri banyak sekali aparteman yang disewakan, disesuaikan dengan fasilitas yang dibutuhkan, (biasanya tersedia washing machine).

Bila melakukan travelling lebih dari 1 kota, dan tidak mau direpotkan dengan bagasi, carilan penginapan dengan fasilitas, free luggage storage, atau biasanya diluar negri disewakan locker untuk menitipkan bagasi.

Apabila melancong ke negara maju, usahakan untuk membeli kartu bis/MRT untuk menghemat waktu, sehingga tidak perlu untuk antri pembelian tiket. Transportasi luar negri (bis, kereta, MRT) dapat diketahui jadwal pemberangkatannya via online, bahkan ada yang bisa book via online.
Apabila berpergian saat peak season, lebih baik tiket dipersiapkan dahulu, supaya tidak kehabisan tiket, dan skedul yang telah disusun tidak berantakan.

Sangat penting untuk mengetahui barang barang apa yang istimewa dinegara tersebut, supaya tidak salah membeli oleh oleh, dan tidak membuang waktu di lokasi wisata.
Bagi yang tidak mau direpotkan dengan urusan transportasi, bisa mengikuti city tour atau menyewa kendaraan (disarankan untuk traveller min. 4 orang) lebih hemat. Info ini semua bisa dicari by browsing.

Hari kunjungan wisata juga harus diperhatikan, karena ada beberapa tempat wisata yang tutup pada hari hari tertentu.

Perhatikan juga pakaian yang harus dibawa, bawalah pakaian terbatas yang tidak makan space tempat pada bagasi, pakailah sepatu kets, bila ingin memakai sandal, pakailah sandal yang praktis dan tidak melelahkan. Tetapi lebih saya sarankan sepatu kets.
Bawalah sereal or chocolate or snack yang praktis, of course medicine also. Bawa vitamin, minyak angin, counterpain (must), dan obat2an lain yang diperlukan.
Makanan sangat harus diperhatikan, karena dengan tubuh yang sehat perjalanan akan menjadi menyenangkan.

Apabila, tiket (kereta, bus, MRT), penginapan, tour travel (bila berpergian dengan city tour), sudah dibook semua. Maka pocket money hanya untuk makan dan masuk ke tempat wisata plus untuk oleh oleh. Semakin dipersipakan semakin baik, supaya saat ditempat tujuan tidak kebingungan dan hemat waktu.

Semoga postingan saya bermanfaat, Happy Travelling.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar