Rabu, 19 Januari 2011

Universal Studio Singapore, Chinatown

Sabtu, 15 Januari 2011
Kali ke 3 ke Singapura, tapi kali ini khusus ke Universal Studio. Flight jam 15.35 by Value Air, berangkat ke Juanda jam 13.30 - tapi charger camera ketinggalan (solanya masih di cas). Untung yang nganterin mau balik ke rumah, masih dekat sih kira2 10 menit-an.
Nyampe di Juanda jam 14.00 - langsung check in, cuma ngantri 1 orang aja. Trus corat coret kartu kedatangan & keberangkatan, antri imigrasi, langsung ke ruang tunggu (belum dibuka, tapi dah banyak penumpang yang antri). Setengah jam kemudian gate dibuka, penumpang masuk ke dalam ruang tunggu. Jam 15.10 kami masuk ke pesawat.

Dapat kursi no. 16E. Didalam pesawat dapat snack - kue & air putih (Ini bedanya naik Jetstar sama Air Asia, tentu saja harga tiket juga beda, semurah2nya Jetstar, lebih murah Air Asia).
Sampai on time diSingapura. Karena tidak ada bagasi keluar dari pintu nothing to declare, langsung antri imigrasi. Antrian juga tidak terlalu banyak (antri 2 orang saja).

Menunggu jemputan teman di arrival, sebelumnya isi botol dulu sama air (ada di deket King’s Burger – rada pinggir sih). Memang di Singapura praktis bisa naik MRT, tapi jalan dari terminal 1 ke tempat MRT jauh banget. Jadi lebih enak kalo ada yang jemput. Perjalanan dari Changi ke Penginapan di China Town - People's park Complex Apartemen 30 menit lebih.
Rada nyasar juga sih, kalo naik MRT lebih gampang, exit MRT langsung kelihatan People Park Complex, kalo naik mobil kudu parkir dulu, jalan juga lebih jauh.
Harga penginapan per malam SGD 60/room (untuk 2 orang), ada kamar mandi didalam (shower & wastafel mini), tapi tidak ada toilet, toilet share. Harga room share toilet SGD. 50. Tempat tidur Double bed - bantal 2, selimut 2, guling 1, ada TV & AC.

Chinatown with Chinesse New Year View. Chinatown paling bagus waktu Chinesse New Year, Cap go meh (15 hari after CNY), Zhong Qiu Yue Bing (Kue Bulan).
Pemilik Tan Ah Hai (orang Indo) telp. 65342259, 65342362, 65351350. Kamar ok, view ok, berada di Lt 29, yang rada risih harus share toilet, kondisi bagus, tapi berhubung yang nyewa banyak (orang indo rata2), jadi toiletnya rame, dan agak antri. Kalau ok dengan share toilet sewa room disini ok. Oh ya, dapat air minum gratis.

Dibawah penginapan ada banyak depot (tutup jam 9 malam, buka ada yang sudah buka jam setengah 7 pagi, ada yang baru buka jam 9 pagi). Dibawah juga ada jualan tas, mainan anak2, kaos kaki, Jus, ada juga 7-11. Mo belanja juga bisa ke Poeple Park Centre – jalan kaki bentar aja 2 min nyampe.

Dibawah penginapan ada stasiun MRT.
Bisa juga ke People's Park Centre, disini juga ada food court dan banyak toko. Harga makanan range SGD. 1,8 - SGD. 5. Untuk yang bervegetarian jangan khawatir juga ada depot yang berjualan di People's Park Complex (only 1 depot) maupun Peolple's Park Centre (ada 2 depot).

Selesai Check in, langsung diantar ke Clarke Quay, menikmati pemandangan malam di Singapura (ga terlalu menikmati sih sebenarnya, soalnya dah malam jam 10 lebih, harus ngebut mo ke Esplanade).
Karena kurang begitu paham, sebetulnya bisa ke Esplanade naik MRT dari Clarke Quay (ini akibat buru2 di Changi lupa ga ngambil MAP MRT), berhubung sudah bingung, akhirnya jalan kaki deh ke Esplanade. Lumayan 15 menitan. Nanya sama pelayan café di Clarke Quay eh malah dikasih peta Singapore River Cruise, ya udah deh.....kagak nyambung kali yah dia sama pertanyaan daku......Rencana mo naik bus, tapi koq rutenya jauh banget - jadi batal deh...

Salah satu view diujung jalan Clarke Quay. Disamping banyak tukang becak. Kalau jalan masuk ke dalam, ada river view and tempat hang out malam hari yang keren.
Sampai Esplanade dah malam, hampir jam 11 malam. Untungnya hari Sabtu jadi MRT tutup jam 12 malam. Kalo hari biasa MRT tutup jam 23.30.
Patung Merlion tidak tampak kali ini, penasaran nyari ga ketemu2, akhirnya pulang balik ke penginapan (batal deh acara makan es potong Singapore SGD 1).
Btw, disini daku ga bisa take picture, gara gara memory card error. Baru hari 1 di SG sudah error, ya udah next day share sama teman kameranya, untung temen gua baik mo pinjamin hehehehe……Thank u ya bu….
Pelajaran dari trip kali ini, bawa memory card lebih dari 1, untuk jaga2 aja. Dah gitu ternyata memory card benar2 error, ga ada foto yang bisa diselamatkan hiks....hiks....
Oh ya, selama di Singapore kita naik MRT pake EzLink. Harga kalo beli di Changi SGD 15. Deposit card SGD 5, sisa SGD 10 yang bisa dipakai buat naik MRT & Bus. Berhubung ada temen yang punya kartu Ezlink, jadi kita pinjem hehehehe, bayar pemakaian sesudah pulang Indo.1 kartu untuk 1 orang.
Tarif naik MRT pake Ezlink lebih murah, daripada beli kartu MRT di mesin. Kalo mo cek rute, waktu & biaya MRT bisa masuk ke www.smrt.com.sg
Kembali ke penginapan sudah gempor, karena banyak jalan kaki yang ga perlu. Keluar dari stasiun MRT jam 23.45, sudah ga ada lagi yang jualan.

Minggu, 16 Januari 2011

Bangun pagi2, keluar apartemen jam setengah tujuh pagi, langsung ke People's park centre, food court sarapan pagi. Depot vege yang sudah buka hanya 1, dan menu makanan yang tersedia baru 1, yaitu Bihun goreng, So kita sarapan bihun goreng SGD 1.

Masakan di SG menurut teman saya kurang begitu sedap, mungkin penyedap rasa sedikit, selain itu juga agak hambar - sedikit garam juga. Tapi ini justru makanan yang sehat, terlalu banyak penyedap rasa dan garam juga kurang baik untuk kesehatan.

Selesai sarapan langung naik MRT ke Raffles, tujuan mo lihat patung merlion (soalnya kemarin ga keliatan dari Esplanade). Turun di Stasiun raffles, tanya ke satpam di depan hotel Fullerton, nyampe dah ke Merlion statue. But you know what, the statue was under constractions, that's why yesterday we can't saw it from Esplanade aaarrrggggh..... (Secara kemaren dah gempor jalannya, demi nyari nih patung).
Rencana mo ke Pagoda Street ke Sri Mariamman Temple sama Buddha Tooth Relic, tapi ga jadi, gara2 merlion (soalnya 2 kali ke SG sama sekali ga pernah foto disini, eh.... lha koq sekarang juga ga bisa foto) jadi batal deh.

Ya udah, foto didepan patung merlion yang kecil. Trus lanjut naik MRT ke Harbour Front. Tujuan Universal Studio Singapore.
Change train di Outrampark - lanjut line ungu ke harbourfront. Keluar dari Stasiun MRT - masuk ke Vivo city, naik ke Lt3, ke counter skytrain to Sentosa. Beli tiket Sentosa monorail SGD 3 & tiket Song of the Sea 1st show (19.40 pm) SGD. 10.

Bisa juga beli tiket USS underpass, (kalo ga salah istilah). Tiket ini berguna kalo pas rame banget, main apapun ga perlu antri, bisa langsung bypass, ada jalur khusus. Harga tiket selisih SGD 4, dari harga normal, tapi kurang tau apakah didalam tiket include voucher makan SGD. 5 & merchandise SGD. 5 + disc 15% di restaurant tertentu or ga.

Langsung naik ke monorail, tips kalo mo foto view dari monorail, naik didekat pintu, otherwise nothing to see. Setelah beli tiket, nunggu sebentar, trus naik monorail board ke Sentosa. Get off at Resort World Sentosa. Ada Air mancur sebelum masuk ke Universal Studio.
Tips main ke USS - bawa botol kosong, karena harga air disana SGD 2, bawa botol kosong jadi bisa ngisi air. Di USS maupun di Song of the sea bisa isi air (biasanya dekat toilet) - free. Banyak koq turis yang bawa botol kosong.

Padahal pergi ke USS bukan long holiday, tetep aja rame ngantri di depan USS. Habis foto2, masuk ke USS disambut Hollywood. Disini banyak store jual merchandise USS. Pertama masuk ke Madagascar, But it's close for reconstruction, yah dah lewat dah yang atu ini....cuma kebagian foto didepan patung Madagascar aja.
Trus lanjut ke Far Far Away (SHERK)...
Lewat di King's Julien Beach - ga main, caroussel soalnya hehehehe....mending antri main yang lain. Main ke Enchanted Airways, seru juga, ga rugi main yang satu ini - rada antri sih, tapi bentar aja. Habis gitu lanjut antri ke Sherk 4-D Avenue, cocok lihat disiang hari yang panas, jadi bisa ngadem, recomendasi juga yang atu ini.

Karena show water world belum dimulai kita antri ke Canopy Flyer, rada seram, but it's ok to try, soalnya cuma bentar.

Karena sudah jam 1 siang, nyari makanan. Menurut info dari teman2, vege food rada susah di USS (karena kita ga makan bawang), yang memungkinkan hanya Burger, Pizza, and springroll (didepan Far Far away). Rencana kita mo makan Pizza, tapi kita ditunjukkan Mel's Drive In - yang nota bene jual American Food (Fast food). Didepan Mel's Drive In ada air Mancur - it's nice take a picture there.
Kita order 1 set Burger vegetarian (Include - Drink and french fries), total plus tax = SGD. 9,8. Dari pembelian tiket USS dapat voucher makan SGD. 5 & Voucher merchandise SGD. 5. jadi total yang kita bayar buat lunch = SGD 4,8 - tetep aja mahal kalo dihitung duit Indo.
But it's worth, burgernya enak and nendang di perut. Bisa juga beli pizza vegetarian di Loui's Pizza (Daerah new York).

Selesai makan, nonton pertunjukkan water world, duduk dibagian tengah jadi ga kesiram air, dah gitu lanjut main Jurrassic Park Rapids Adventure.
Kalo mo main disini basah2an, disini bisa sewa loker SGD 1 - titip tas (bawa baju ganti), or beli jas hujan plastik didepan wahana SGD 2. Ada juga yang sudah prepare bawa jas hujan sendiri, jadi bisa hemat SGD 2.
Wahana yang satu ini antrinya bukan main, tapi lebih kerenan main yang didufan menurut aku. Walaupun sudah beli jas hujan, tetep aja aku kesiram air, karena terlambat nunduk, alhasil basah dah muka n rambut - yah, itung2 cuci muka.

Lanjut ke Ancient Egypt. Disini maunya membangun suasana mesir, tapi berhubung yang datang orang asia semua, jadi suasananya kurang mendukung. It's good to take picture here.

Main ke Treasure Hunter, ga main juga ga papa, ini mainan buat anak2, dah gitu antri bukan main, not worth, cuma naik mobil keliling di rel - sama sekali ga ada seru2nya.

Yang bagus main Reverange of the mummy, serem konsepnya, tapi ok. Banyak orang yang main lagi karena hasil foto kurang bagus. kalo mau main disini tas harus dititipkan di loker, free untuk 30 menit pertama (kalo ga salah), setelah itu bayar SGD 3 per 10 menitnya. Permainan paling ok di USS, menurut aku.

Lanjut ke Sci-Fi city, lagi lagi wahana yang seru under constraction, Battlestar Galatica Cylon and Human. Jadi cuma main Accelerator - seperti main cangkir putar di dufan.
Dari sini menuju ke New York ada pertunjukkan tari. Yang nari 5 orang cowok, gaya kayak brandon gitu (keren). Penari juga ngajak beberapa penonton ikutan nari, ada yang dari Aussie (3 ce), Philipina (1 ce - yg ini guru dance), and Indonesia (1 co). Tau ga yang paling keren, Indonesia.....hehehehe....dancernya aja bilang good dance man...
Lanjut ke New York, masuk ke Light, camera action! Steven Spielberg, Buat pengetahuan cara bikin film - why not. paling terakhir masuk ke Pantages Hollywood theather - berasa kayak nonton theater, good to see, terutama sore hari waktu kaki dah gempor, bisa ngadem duduk lihat pertunjukan, show 45 minute.

That's all at USS, lanjut naik monorail ke Beach - nonton show song of the sea, first show. Rame banget - full capacity, berhubung kita dateng dah hampir dimulai jadi rada susah nyari tempat duduk ditengah. Untung cuma ber 2 jadi gampang nyari tempat duduknya.
Ga sempet keliling sentosa sama sekali, kelar SOTS dah malem, juga ga sempet foto di merlion statue.

Over all USS good, but Hongkong Disneyland much much better, karena wahananya kurang banyak (menurutku Dufan lebih keren), even for song of the sea (yang kata orang orang must see), juga ga ada yang speaktakuler, lebih bagus Splendid of the World di Shen Zhen..

Lanjut ke Suntec city. Back to Vivo city by monorail - rencana mau lihat laser show - last show jam 9 malam, tapi ga keburu. Gara2 turun di City hall, dan mau naik taxi kesana tujuan supaya cepat. Ga taunya susahnya dapetin taxi di sana. Keluar dari mall, mo naik taxi antri, dah gitu ga ada taxi yang ngetem disana. Di Singapura ga ada orang yang naik taxi dari pinggir jalan, kalo mau naik taxi harus dari bus stop, or mall or hotel. Itupun tunggu ada taxi datang antar penumpang. OMG!!!

Akhirnya jalan kaki deh ke hotel terdekat antri taxi dari sana, dibantuin satpamnya, dia sama sekali tidak rekomendasi naik taxi di jalan, karena singapore ketat, juga belum tentu supir taxinya mau.
Untungnya disana yang antri cuma 1 orang, kalo dari city hall yang antri taxi.......alamak, banyak kali yang antri.....
Naik taxi, begitu buka pintu fare SGD. 3, sampe di suntec city - SGD 3,8. Tapi dah ga keburu - laser show sudah berakhir, ya udah kita pegang air mancur - terakhir jam 21.30 – kata orang keliling air mancur 3x sambil pegang air bisa membawa keberuntungan.
Ini jadwal Fountain of Wealth Touch Water Sessopn : 9am – 12pm / 2:30pm – 6pm / 7pm – 7:50pm / 9:30pm – 10pm
Jadwal Fountain of Wealth Laser Showtimes : 8pm ; 8:30pm and 9pm.

Perut dah laper nyari makanan vege di Suntec - Loving Hut - muter2 ga nemu, begitu ketemu dah tutup. Langsung ke Republic food court, mo makan menu india - nasi Briyani, tapi ada daya dah tutup.
Ya udah balik dah ke penginapan, by MRT - inipun nyarinya susah minta ampun jalan kesana kemari nyarinya (padahal didalam mall).

Ketemu 7-11 beli instant noddle veg - SGD 2.1 (kalo dipesawat Jetstar SGD 5). Karena takut stasiun MRT tutup jadi kita bawa tuh instant noddle kedalam stasiun MRT. Berhubung dah malem stasiun ga begitu rame. makan pelan pelan dinikmati sambil ngobrol sama temen, eh taunya di tanyain oranng :
"Excuss me, are you here for vacation?"
"yes" *sambil keheranan*
"did you know that it's forbidden bring food and drink inside the station?"
"oh ya?"
"it can be charge SGD 100 - becarefull, many camera here"
"OMG, sorry I dont know.'
Ya udah makan dilanjutkan setelah nyampe ke luar staiun MRT di Chinatown. Baru tau kalo di satsiun MRT ga boleh makan.

Nyampe penginapan dah jam 12 malam lebih, gempor abis. Bersih2, langsung deh bobo...

Senin, 17 Januari 2011

Rencana mo ke Chinesse garden, tapi kaki dah sakit and belum beli oleh2 - jadi batal cuma jalan2 di Chinatown aja. Sarapan di People's Park Centre fod court, nasi + rumput laut (hai tai) + sayur + jamur hitam (yo ko) + daging palsu and nasi putih - separuh, tau berapa harganya SGD 5 (mahal amat, belakang baru tau kali perjenis harganya SGD 1...ckckckck, sarapan pagi yang mahal).

Selesai sarapan lihat2 toko jual merchandise. Beli gantungan kunci (sekaligus pemotong kuku) SGD 10 dapat 4 (beli 2 biji, kongsi sama teman), dompet cewek 2, dompet cowok 1biji, total SGD 10. Oleh2 lampu teratai, dompet lucu buat keponakan, jam sport total SGD 10. itu aja oleh2 nya. Total semua SGD 25.


Keluar dari toko eh, nemu toko yang jual gantungan kunci SGD 2/buah - yah rugi SGD 0,5/biji, total rugi SGD 2. Harga dompet dimana2 sama, jadi yang satu ini ga rugi. Trus beli jus SGD 2,4.

Packing - check out, ke Changi Airport.
Kali ini berangkat mepet, gara2 temen masih nyari oleh2 ga dapet2. Pesawat board jam 13.00 - jam 10.30 baru berangkat mo naik MRT. lama perjalanan 45 menit. Nyampe di Changi MRT sudah jam 11.35, kebingungan nyari terminal 1. Ternyata harus naik lift ke Lt2 trus naik monorail ke Terminal 1. Astaga.....bikin deg2an aja, takut ga sempet check in..

Untungnya monorail segera berangkat, jadi ga nunggu lama. Keluar dari monorail lari2 nyari loket check in penerbangan jetstar ke SUB, sampai di depan loket jam 11.45, kurang 15 menit dari jam check in ditutup, dapet tempat duduk no 25...pengalaman pertama check in buru2, and bikin kepala puyeng....

Selesai check in, antri imigrasi, langsung ke gate. Tapi sebelumnya mampir dulu pijat kaki gratis di airport hehehehe.....
Tempat yang sudah diplan tapi ga bisa pergi : Chinesse Garden, secara kaki dah gempor.......sayang banget, padahal tuh garden keren....
Total Pengeluaran (temasuk beli oleh2) :
  • IDR = Rp. 200.000
  • SGD = S$ 203
  • USD = U$ 98
Rincian biaya plus itinerary di blog selanjutnya dah malem mo bobo....

2 komentar:

Unknown mengatakan...

tolong tanya.. nginap d people park ..bole minta CP nya? thx y

Unknown mengatakan...

Hi....
Sudah saya tulis diatas CP penginapan di Chinatown..

Posting Komentar