Kamis, 27 Januari 2011

Mio vs Beat


Sengaja nulis artikel ini buat bantu pembeli motor matic. Sering kali blog yang ditemukan isinya tentang kapasitas mesin, rpm, torsi, dsb. Yang istilahnya sama sekali tidak ku mengerti.
Yah maklum aja, saya cuma user motor yang sangat awam, yang cuma bisa pake motor, isi bensin aja.

Pertama kali saya belajar motor matic naik Honda Beat. Bagi saya yang sama sekali ga jago naik motor, itu sulit dan motornya berat.
Belajar 2 mingguan, masih belum lancar, bawa keliling kompleks putar2 selama 3 bulan. Baru bawa ke jalan besar, itupun belum lancar.
Kira2 5 bulan kemudian baru lancar naik motor.

Nah, habis bisa naik matic lancar trus naik motor manual. Dulu sudah pernah belajar naik manual, tapi dah lama banget.
Ternyata bener kata orang lebih enak naik motor matic.
Tanya kenapa ?
Soalnya motor matic meskipun tidak digas, (posisi sudah jalan, trus jalan macet) bisa jalan. Kalau manual, ga digas, ga bakal jalan.
Matic juga ga perlu ganti gigi, tinggal gas aja (kaki ga cape).
Naik manual ngegas enteng, kalo motor matic gas lebih berat (Motor beat).

Pas mo beli motor, maunya sih beli Honda Beat (soalnya sudah pernah pake), tapi berhubung sudah punya motor Beat (punya sodara), masa beli Beat lagi. Kalo suzuki spin boros banget bensinnya (kata orang kantor yang punya motor itu). Jadi pilihan jatuh di Mio.

Harga lebih murah Mio 150ribu dari Beat.
Tips beli motor apapun, beli didealer motor yang besar, karena mereka berani kasih potongan harga tinggi, selisih harga bisa sampai 400ribu dari harga standar (untuk pembelian tunai).

Kelebihan beat, ada kunci pengaman dan jagang samping.
Kalo bensin, tergantung pemakaian, beda tipis selisihnya.
Spion Beat lebih keren, alat kunci motor lebih lengkap daripada Mio.
Kunci Beat juga lebih keren kayak kunci mobil, kalo Mio, kayak kunci laci lemari hehehehe....

Motor beat lebih berat. Mio cocok buat orang yang belum pernah naik motor matic. Untuk pemula lah. Jarak ke tanah juga lebih pendek Mio, jadi lebih cocok untuk orang yang pendek.
Motor Beat mantap bawaannya, Mio enteng bawanya. Karena motornya mantap, jadi kalo mo belok, setir harus benar2 belok, kalo mio, stang setir enteng.
Bagasi, walaupun kata salesmannya sama saja volumenya. Tapi menurut saya bagasi Mio lebih lebar, bisa isi lebih banyak dari Beat.

Berhubung motor Mio saya disetting hemat (hemat bahan bakar), jadi kalo pagi starter motor rada susah, harus pake stater kaki, starter elektrik susah. Apalagi kalo habis kena hujan, starter juga susah. Kata orang setting motornya diganti biasa aja.
Cuma waktu service pertama kali, berhubung motor jarang dipake, kilometer ga sampe 500, rpmnya diturunkan, ga ngerti apa itu rpm Cuma hasilnya sama aja, starter juga masih susah.

Jok mio lebih empuk dari beat. Untuk jarak tempuh yang jauh mio lebih nyaman daripada beat. Hasil pembuangan gas Mio lebih berbau dibanding Beat.
Mio disediakan cook - berfungsi bila sulit starter. Pada beat tidak ada cook.
Lampu Mio lebih bagus dan lebih terang. Jarak lampur lebih jauh dibandingkan beat.

Sejauh ini saya ok aja naik Mio, kecuali starter tidak ada keluhan yang lain.
Oh ya, saya isi bensin Pertamax plus atau Shell, saran dari semua orang yang naik motor, lebih bagus dan irit daripada Premium. 1 minggu saya hanya isi bahan bakar 1 kali (jarang pakai soalnya), sekali isi Shell = Rp. 25.000 (bisa tahan 1 minggu), itupun ga sampai habis bis.


Sudah 1 minggu lebih motor Mio saya tidak saya pakai (karena jatuh hehehe), terakhir saya isi shell full tank. 1 minggu cuma dipanasi 3-4 kali saja. Anehnya indikator bensin turun 1 strip, koq bisa menguap ya bahan bakarnya? 

Saya mau update info terbaru tentang motor matic. Pengalaman waktu banjir (banjir sampai di knalpot) saya naik motor beat. Motor bisa melaju walaupun agak ngebut. Saran saya kalau banjir lebih baik naik beat, karena motor lebih berat dan mantap. Motor Mio lebih ringan, dikhawatirkan saat banjir naik mio, bisa hilang keseimbangan.

Semoga bisa membantu.....

2 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih kak... jadi lebih ringan dan stang lebih enak untuk pemula itu mio ya.. yhx ka :) blog nya membantu

Unknown mengatakan...

Wah cukup membantu..terimakasih. saya juga lagi rencana beli motor yang pendek. Sepertinya mio cocok. :)

Posting Komentar